Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Permohonan Bantuan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani

Pembangunan pada sector pertanian saat ini diharapkan dapat menjadi salah satu andalan yang dengan cepat menghasilkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Dalam rangka menunjang  upaya peningkatan produksi dan pendapatan petani serta perbaikan taraf hidup kearah yang lebih baik, maka perlu adanya sarana serta prasarana yang baik yang dapat menunjang keberhasilan serta memacu kreatifitas bagi para petani dalam berbudidaya tanaman pangan diareal lahan mereka.

Seiring berjalannya waktu, roda jaman terus berputar membawa hembusan kemajuan di segala aspek kehidupan. Kesiapan tatanan hidup untuk mencukupi kehidupan merupakan salah satu langkah yang harus dipersiapkan. Untuk menghadapi hal tersebut diperlukan ketahanan ekonomi yang mantap.

Ketahanan ekonomi yang mantap dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran. Seperti halnya di daerah kami khususnya Kampung Lebak Peniangan Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan, untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, maka diarahkan ke sektor pertanian. Salah satu komoditi yang paling dominan dan paling banyak dirasakan manfaa’atnya adalah dari sektor pertanian  (sawah) yang banyak sekali dirasakan manfaatnya oleh seluruh penduduk/masyarakat. Hal ini sangat dimungkinkan karena makanan pokok yang dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Kampung Lebak Peniangan adalah beras.

Namun demikian areal pesawahan tersebut menghadapi masalah yang sangatkrusial yaitu kurang lancarnya arus pengairan dengan intensitas debit air yang tidak stabil. Tidak teraturnya aliran air ke pesawahan dikarenakan belum tersedianya sarana irigasi/bendungan yang layak yang diperparah lagi dengan kondisi selokan (saluran air) yang sering longsor, Untuk menanggulangi hal tersebut, maka dari itu kami mempunyai inisiatif untuk membuat saluran air yang menampung seluruh debit air dari irigasi tersier  yang menjadi sumber mata air utama. Untuk perbaikan saluran tersebut konstruksi yang direncanakan memiliki panjang 600 Meter, dengan lebar atas 80 Cm dan Tinggi 50 Cm, lebar bawah 30 Cm,ketebalan 30 cm, kemiringan Luar 90 cm,

Berdasarkan hal tersebut kami sangat mengharapkan bantuan dana demi terwujudnya pembangunan saluran air sehingga pasokan air bagi seluruh areal pesawahan di wilayah kami menjadi lancar baik di musim kemarau maupun di musim penghujan.

Berdasar dari hal tersebut diatas, maka kami mengharapkan agar adanya bantuan Kepada Bapak Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Way Kanan agar  dapat memecahkan persoalan yang ada.


Khusus untuk Dokumen file PDF agar bisa diedit silahkan convert terlebih dahulu ke Word, untuk tutorialnya silahkan simak pada postingan berikut ini: Tutorial Jitu Cara Convert Dokumen PDF dan JPG ke Ms. Word


Untuk Mendapatkan Master File Microsoft Word silahkan DOWNLOAD DISINI

Posting Komentar untuk "Proposal Permohonan Bantuan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani"