Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Permohonan Pembangunan Penampungan Air (EMBUNG)

Ketersediaan air merupakan hal yang sangat primer dalam menunjang kegiatan pertanian. Air berfungsi untuk mengairi persawahan dan mencegah dari kekeringan yang bisa merugikan petani. Ketersedian air sangat tergantung oleh musim, pada musim penghujan biasanya biasanya ketersediaan air melimpah, namun ketika musim kemarau datang biasanya timbul permasalahan, karena air sulit didapatkan.

Di Wilayah ini jauh aliran sungai sehingga penduduk di Dusun III Sidodadi selama ini hanya mengandalkan sumber mata air tanah (sumur). Sumur ini selain digunakan untuk mengairi sawah penduduk, juga digunakan sebagai sumber air bersih dan keperluan lainya. Selama ini sumur ini digunakan untuk mengairi beberapa hektar sawah penduduk yang berada di bagian hilir.Aliran sumur ini mengalir dan membentuk dua arah yang mengairi persawahan bagian Utara dan Selatan.

Permasalahan kemudian muncul ketika tiba musim kemarau karena ketersediaan air dari sumur ini tidak bisa mengairi sawah – sawah penduduk yang jumlahnya tidak sedikit. Hal ini juga sering menimbulkan kesalahpahaman diantara petani sendiri. Sehigga tidak jarang memicu terjadinya konflik  kecil antara petani di sebelah utara dan selatan karena mereka saling memperebutkan air untuk mengairi sawah mereka.dengan adanya penampungan air (embung) ini di harapkan kedepanya ketersiadaan air pada musim kemarau bisa terpenuhi.



Dapatkan Master File Microsoft Word melalui link berikut ini: 


Terima Kasih Telah Berkunjung, Jangan Lupa Untuk Like Fanspage dan Share apabila Konten ini dirasa bermanfaat

Posting Komentar untuk "Proposal Permohonan Pembangunan Penampungan Air (EMBUNG)"